Rabu, 02 Mei 2012

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Untuk dapat berinteraksi, sejak zaman dahulu sudah melakukan komunikasi. Namun, alat dan cara komunikasi pada zaman dahulu masih sangat sederhana. Seiring dengan perkembangan manusia, teknologi komunikasi pun juga ikut berkembang. Perkembangan teknologi komunikasi dapat dibagi menjadi dua kelompok.

1. Periode Sebelum Masehi
Pada periode ini, manusia menggunakan alat seadanya untuk berkomunikasi. Komunikasi pada periode sebelum masehi ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu periode sampai dengan 3000 SM dan periode sesudahnya. Memang, periode 3000 SM merupakan batas dimana komunikasi manusia mulai mengalami perkembangan.

a. Periode sampai dengan 3000 SM
Sejak awal komunikasi nenek moyang kita masih terbatas pada pengenalan bentuk-bentuk benda yang mereka temukan. Mereka menggambarkan apa yang mereka lihat pada dinding-dinding gua. Pada saat itu, manusia masih hidup dengan cara berburu. Informasi yang tertulis pada dinding gua berupa gambar tentang kegiatan berburu dan binatang hasil buruannya. Untuk berkomunikasi langsung dengan manusia yang lain, mereka masih menggunakan bahasa dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.

b. Periode 3000 SM
Perkembangan komunikasi setelah periode 3000 SM dimulai saat Bangsa Sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi mereka. Huruf yang mereka gunakan masih berupa simbol-simbol yang dikenal dengan sebutan piktograf. Penyebutan huruf-huruf piktografi ini menghasiljab suara yang berbeda-beda sehingga tulisan tersebut dapat membentuk sebuah kata, kalimat, dan bahasa yang mempunyai arti.
Pada periode 2900 SM, Bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi. Huruf inilebih maju dibandingkan dengan tulisan Bangsa Sumeria. Huruf hieroglif terdiri atas simbol-simbol tentang suatu objek, misalnya kapal-kapal, binatang, atau perkakas. Hurufini juga dapat menunjukkan suatu gerakan dan menimbulkan rasa dari si penulis, misalnya menunjukkan waktu dan perasaan gembira. Untuk menuliskan huruf-huruf hieroglif ini, merek menggunakan tanah liat sebagai medianya.
Pada periode 500 SM, Bangsa Mesir Kuno mengembangkan komunikasi mereka dengan penggunaan serat papyrus banyak ditemukan di daerah ini.

Pada periode 105 SM Bansa China mulai menggunakan kertas untuk menulis. Kertas ini terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan, dan kemudian dikeringkan. Penggunaan serat bambu ini juga memunculkan adanya temuan cap atau stempel (bambu yang dihaluskan, ditoreh, kemudian dilumuri tinta) yang hingga saat ini masih digunakan, termasuk oleh bangsa Indonesia

2. Periode Setelah Masehi
Perkembangan komunikasi setelah masehi terus mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan ditemukannya beberapa alat yang sangat menunjang komunikasi pada saat itu.

a. Telegraf
Telegraf merupakan sistem pengiriman tulisan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Tulisan yang dikirimkaan berupa simbol-simbol atau kode-kode sederhana yang mewakili suatu pesan. Kode-kode ini disebut dengan Morse.
Istilah Morse diambil dari nama penemunya, Samuel Finley Breese Morse. Ia merupakan seorang peneliti dari Amerika. Morse menemukan alat ini pada tahun 1837. Pada pertengahan tahun 1800-an hingga pertengahan tahun 1900-an, Telegraf menjadi alat komunikasi penting.

b. Telepon
Telepon adalah alat untuk mengirimkan suara ke tempat yang dituju. Alexander Graham Bell merupakan salah satu orang yang mempunyai amdil dalam penemuan telepon. Pada tahun 1875, tepatnya tanggal 10 Maret 1876 ia meneruskan temuan telepon yang dibuat oleh Antonio Meucci. Sebenarnya ide untuk temuan ini sudah ada sejak Antonio Meucci masih berumur 18 tahun. Kemudian, ia kembangkan ide tentang pembuatan telepon ini pada tahun 1874 saat ia bekerja di telegraf.
Untuk dapat menemukan alat ini, Bell dibantu oleh beberapa temuan pendahuluannya, antara lain:
1) Stephen Grey = Penemu alat yang dapat mengirimkan Sinyal Listrik melalui Bel pada tahun 1729
2) Alessandro Volta = Penemu Baterai pertama pada tahun 1800
3) Chirstian Oersted = Penemu gejala Elektromagnetik pada tahun 1820
4) Samuel Morse = Penemu Telegraf pada tahun 1837
5) Johan Philipp Reis = Penemu telepon namun belum berhasil pada tahun 1861
6) Antonio Meucci = Mematenkan telepon hasil temuannya pada tahun 1871

Dari masa ke masa, telepon mengalami perkembangan yang sangat pesat. Telepon dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat dibawa kemana-mana. Saat ini, telepon merupakan kebutuhan yang sangat vital . Hanya setiap orang membawa telepon dalam setiap kegiatannya. Telepon yang dapat dibawa kemana-mana ini sering disebut dengan telepon genggam atau handphone. Bahkan, saat ini telepon genggam jufa dimanfaatkan untuk bisnis isi ulang pulsa elektronik. Bisnis ini sangat mudah sehingga banyak orang yang berminat mengembangkan usaha ini. Kamu tertarik untuk mencobanya?

c. Radio
Radio dikembangkan karena adanya kelemahan pada telegraf dan telepon, alat komunikasi yang ada pada saat itu. Pada telegraf maupun telepon, diperlukan kabel untuk mengirimkan pesan. Sehingga hanya tempat-tempat yang terhubung kabel saja yang dapat dijangkau oleh kedua alat ini. Untuk itulah, para peneliti kemudian bekerja keras untuk menemukan alat komunikasi baru yang tidak mengandalkan kabel sebagai perantaranya.
Radio diciptakan berdasarkan penemuan-penemuan berbagai alat dari pedahulunya. Orang-orang yang berjasa hingga ditemukannya radio ini, antara lain:
1) Joseph Henry dan Michael Faraday = Penemu teori Induksi pada awal tahun 1800-an
2) Nikola Tesla = Penemu Kumparan Tesla kemudian dijadikan sebagai Komponen Vital dari pemancar radio pada tahun 1891
3) Guglielmo Marconi = Penemu kode Telegraf pada tahun 1901
4) Lee Dee Forest = Penemu Tabung Pipa Vakum pada tahun 1907
5) Edwin Howard Armstrong = Penemu sistem Radio FM pada tahun 1933

d. Televisi
Televisi merupakan alat komunikasi yang dapat menampilkan gambar dan suara. Televisi ini tercipta juga dari proses penemuan-penemuan sebelumnya. Televisi ditemukan pertama kali oleh orang berkebangsaan Jerman bernama Paul Nipkow pada tahun 1883. Nipkow berhasil menemukan piringan metal kecil berputar dengan lubang-lubang didalamnya. Dengan menggunakan piringan metal kecil ini, selanjutnya pada tahun 1920 John Logie Baird dan Charles Francis Jenkins menciptakaan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, dan penerimaannya. Mereka membuat seluruh sistem televisi ini berdasarkan sistem televisi ini berdasarkan sistem gerakan mekanik, baik dalam penyiaran maupun penerimaannya. saat itu belum ditemukan Cathode Ray Tube (CRT).
Penemu-penemu yang berperan hingga terciptanya televisi adalah sebagai berikut.
1) George Eastman = Penemu Film Foto dan Kamera Kodak pada tahun 1888
2) Thomas Edison = Penemu Kinetoskop pada tahun 1887
3) William K.L. Dickson = Penemu Kinetograf  pada tahun 1891
4) Ferdinand Braun = Penemu Tabung Katoda Sinar-X.

1 komentar: